Peduli lingkungan, MYKO Hotel bersihkan Pulau Kodingareng Keke – MYKO HOTEL & Convention Center Makassar

Peduli lingkungan, MYKO Hotel bersihkan Pulau Kodingareng Keke

MYKO Hotel and Convention Center Makassar, salah satu hotel berbintang yang terletak di kawasan bisnis kota Makassar, Boulevard Panakukang tidak hanya berfokus pada sektor bisnis perhotelan saja. MYKO punya cara tersendiri untuk berbuat positif ditengah-tengah masyarakat Sulawesi Selatan salah satunya dengan menggelar aksi sosial. Sebagai salah satu perusahaan perhotelan ternama di kota Makassar, MYKO memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diimplementasikan secara nyata dalam bentuk aksi sosial, yakni aksi bersih pulau yang dihelat pada pertengahan tahun 2017 di Pulau Kodingareng Keke, Makassar. Pulau Kodingareng Keke merupakan salah satu dari beberapa pulau yang ada di wilayah Sulawesi Selatan. Pulau ini jaraknya sekitar 14 km dari Pantai Losari Makassar atau sekitar 20 hingga 30 menit dari Pulau Samalona.

Seperti diketahui, Pulau Kodingareng Keke tidak memiliki penduduk tetap tetapi sering kali dijadikan destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena tidak berpenghuni, Pulau ini acap kali tidak terurus dan tidak terawat. Akibatnya banyak sampah berserakan di pesisir pulau yang berasal dari buangan sampah-sampah para wisatawan.

Menyikapi kondisi tersebut, manajemen MYKO bersama staf karyawannya berinisiatif melaksanakan aksi bersih di sekitar area pulau dan menyediakan puluhan tempat sampah agar pulau ini tetap asri dan bersih.

Othnie selaku Manager Human Resources (HR) MYKO Hotel mengatakan CSR yang dilaksanakan oleh Myko di Pulau Kodingareng menunjukkan bahwasanya Myko sangat peduli terhadap lingkungan. “Dua pekan sebelumnya kami telah melakukan riset dan survey lokasi di beberapa pulau di Sulsel, dari beberapa pulau tersebut kami melihat Pulau Kodingareng Keke kondisinya kotor dan penuh sampah, maka dari itu kami memasukkan Pulau Kodingareng Keke sebagai alternatif lokasi untuk program CSR kami,” ungkap mantan pegawai perbankan ini. Pemilihan lokasi Kodingareng Keke juga tidak terlepas dari masukan staf karyawan MYKO Hotel setelah tim riset yang dibentuk oleh MYKO mempresentasikan beberapa pilihan alternatif pulau kepada masing-masing staf di department/divisi. Dari hasil penilaian kondisi dan masukan dari para karyawan, akhirnya diputuskan Pulau Kodingareng Keke sebagai lokasi CSR MYKO Hotel di sektor lingkungan. “Selain kondisi lingkungannya yang memprihatinkan pertimbangan lainnya bagi kami, pulau Kodingareng Keke lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Makassar, sehingga akses menuju kesana tidak terlalu sulit dan menyita banyak waktu,” lanjut Othnie.

CSR yang dilaksanakan di Pulau Kodingareng Keke berlangsung selama 1 hari di tanggal 29 Agustus 2017. Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh manajemen dan karyawan MYKO saat tiba di lokasi antara lain, Family Gathering, Games, Aksi Membersihkan Sampah, dan Penyediaan Tempat Sampah di beberapa titik di area sekitar pulau. Selain beberapa kegiatan tersebut, MYKO juga memberikan edukasi dan penyuluhan mengenai pemisahan sampah kering dan sampah basah kepada para pengunjung Pulau Kodingareng Keke. Meskipun hanya dilaksanakan sehari, manajemen MYKO tetap melakukan evaluasi dan tindak lanjut pasca pelaksanaan aksi sosial tersebut. Terbukti setelah 4 bulan pasca pelaksanaan atau tepatnya di bulan November 2017, manajemen MYKO mengutus kembali tim perintis ke Pulau Kodingareng Keke untuk meninjau apakah tempat sampah yang disediakan di pulau tersebut masih ada ataukah sudah hilang. Dan ternyata tempat-tempat sampah yang dulunya mereka sediakan masih tetap ada dan dipergunakan dengan baik oleh para pengunjung dan wisatawan. “Kami ingin membuktikan kepada masyarakat, bahwa kami tidak hanya mengejar profit semata, tapi kami juga akan selalu ada untuk masyarakat,” pungkas Othine.

Sumber Artikel : https://makassar.terkini.id/peduli-lingkungan-myko-hotel-bersihkan-pulau-kodingareng-keke/

 

Leave a response